A. Analisa Masalah

  1. Apa masalah yang dihadapi sebelum dilaksanakannya inovasi pelayanan publik ini?
    1. Anak dari pengunjung puskesmas maupun pasien yang masih anak-anak, seringkali merasa jenuh dan rewel ketika menunggu antrian pelayanan poli rawat jalan.
    2. Pasien yang masih anak-anak kadangkala takut untuk memasuki puskesmas apalagi diperiksa oleh petugas puskesmas
    3. Pengunjung anak-anak yang rewel, riuh maupun menangis saat menunggu antrian bisa membuat konsentrasi petugas rawat jalan puskesmas terganggu saat melayani pasien

 

B. Pendekatan strategis

  1. Siapa saja yang telah mengusulkan pemecahannya dan bagaimana inovasi pelayanan publik ini telah memecahkan masalah tersebut
    1. Yang mengusulkan pemecahan masalah adalah kepala puskesmas, Tim mutu Puskesmas dan penanggung jawab seluruh poli
    2. Untuk meningkatkan manfaat dari WARNA CERIA bagi pengunjung puskesmas maka Puskesmas Tarik melakukan inovasi yang berupa “NOBAR” yaitu nonton bareng film atau cerita edukatif tentang kesehatan bagi anak-anak menggunakan WARNA CERIA sebagai area bermain yang aman, nyaman, bersih dan bermanfaat. Supaya pengunjung yang membawa anak dan pengunjung yang masih anak-anak bisa mendapatkan permainan dan hiburan yang lebih edukatif dan memenangkan sambil menunggu antrian pelayanan di Puskesmas Tarik. Serta bagi anak-anak yang takut untuk berobat bisa teralihkan rasa takutnya dan mudah dimotivasi saat memasuki area rawat jalan Puskesmas Tarik ini
  2. Dalam hal apa inovasi pelayanan publik ini kreatif dan inovatif?
  1. Pojok ramah anak ini dibuat senyaman mungkin, aman dan bermanfaat dengan dengan fasilitas permainan anak-anak yang menyenangkan dan merangsang tumbuh kembang
  2. Lokasinya berdekatan dengan poli gigi, laborat dan poli umum dimana di poli-poli ini biasanya pasien anak-anak bisa sangat rewel, takut dan sulit untuk diperiksa. Serta berdekatan dengan pojok laktasi RUMAH CINTA sehingga bisa memudahkan bagi pengunjung yang akan memanfaatkan pojok laktasi juga mudah untuk mengawasi putra putri lainnnya yang sedang bermain di pojok ramah anak WARNA CERIA.

 

C. Pelaksanaan dan Penerapan

  1. Bagaimana strategi pelaksanaan inovasi pelayanan publik ini?
  1. Tahun 2015 ada harapan dari pengunjung puskesmas yang disampaikan melalui kotak saran untuk menyediakan area bermain bagi anak-anak.
  2. Pertemuan lintas program
  3. Mengagendakan waktu konsultatif dengan Kepala Puskesmas
  4. Membicarakan kebutuhan anggaran dengan tim PTP Puskesmas
  5. Membuat tim pengelola pojok ramah anak dan jadwal jaga yang disesuaikan dengan pojok laktasi serta memberdayakan peran cleaning service untuk memantau kebersihan pojok ramah anak.
  6. Mensosialisasikan keberadaan pojok ramah anak kepada masyarakat
  7. Tahun 2016 Puskesmas Tarik terus berupaya meningkatkan kenyamanan, manfaat, fasilitas dan kebersihan dari pojok ramah anak.
  8. Diskusi untuk merencanakan pemecahan permasalahan
  9. Memutuskan pemecahan masalah yang akan dilaksanakan
  10. Tanggal 1 September 2016 Puskesmas Tarik mulai melaksanakan layanan inovasi NOBAR, yaitu Nonton Bareng film edukasi tentang kesehatan kepada anak-anak yang menggunakan WARNA CERIA dan berintegrasi dengan program Promosi Kesehatan. NOBAR diadakan setiap hari Senin dan Kamis.
  11. Mensosialisasikan keberadaan WARNA CERIA dan NOBAR kepada masyarakat dan pengunjung puskesmas
  1. Siapa saja pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan?
  1. Kepala Puskesmas Tarik
  2. Tim mutu
  3. Tim pengelola pojok ramah anak
  4. Petugas Promosi Kesehatan
  1. Sumber daya apa saja yang digunakan untuk inovasi pelayanan publik ini dan bagaimana sumber daya itu dimobilisasi?

Sumber daya manusia :

  1. Tim pengelola dan kelayakan fasilitas di pojok ramah anak yang mobilisasinya selalu dipantau oleh Kepala Puskesmas
  2. Menggerakkan petugas jaga (PNS perawat kantor) dan cleaning service untuk membantu merawat area pojok ramah anak.

Sumber daya non manusia :

  1. Peraturan khusus untuk menggunakan WARNA CERIA dan NOBAR
  2. Macam-macam permainan anak-anak yang bermutu, aman dan disesuaikan dengan tumbuh kembang anak
  3. Film atau cerita edukasi tentang kesehatan dan yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.
  1. Apa saja keluaran (output) yang paling berhasil?
  1. Pasien anak-anak sudah mulai tidak takut lagi untuk berkunjung ke puskesmas dan bisa dengan riang menunggu antrian poli.
  2. Pengunjung puskesmas yang membawa anak kecil tidak kesulitan untuk menghilangkan kejenuhan dari anak-anak mereka saat menunggu antrian rawat jalan.
  3. Pengunjung anak-anak bisa mendapatkan tambahan wawasan tentang kesehatan, terutama yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak dan PHBS
  1. Sistem apa yang diterapkan untuk memantau kemajuan dan mengevaluasi inovasi pelayanan publik ini?
    1. Petugas yang sudah dijadwal untuk bergilir jaga dan memberikan edukasi di WARNA CERIA berkewajiban mengarahkan pengunjung puskesmas untuk mengikuti NOBAR
    2. Petugas yang sudah dijadwal untuk bergilir jaga di WARNA CERIA mencatat dan mendokumentasikan pengunjung dan penonton NOBAR
    3. Adanya monitoring dan evaluasi dari pengelola WARNA CERIA dan Kepala Puskesmas
  2. Apa saja kendala utama yang dihadapi dan bagaimana kendala tersebut diatasi?
  1. Film atau cerita yang disampaikan ke anak-anak masih kurang bervariasi dan up date. Kendala tersebut diatasi dengan lebih sering mencari film-film anak terbaru yang berhubungan dengan kesehatan
  2. Peralatan sound system kurang mendukung. Hal ini akan bisa diatasi dengan merencanakan pengadaan sound system

 

D. Dampak Sebelum dan Sesudah

  1. Apa saja manfaat utama yang dihasilkan inovasi pelayanan publik ini?
    1. Pengunjung yang membawa anak dan pengunjung anak-anak bisa lebih senang dann tenang saat menunggu antrian atau menunggu keluarganya untuk diperiksa di rawat jalan
  2. Apa bedanya sebelum dan sesudah inovasi pelayanan publik ini dilaksanakan?
  1. Sebelum ada WARNA CERIA dengan NOBAR, pasien anak-anak terlihat gaduh dan tidak nyaman serta takut berada di puskesmas
  2. Sesudah ada NOBAR, anak-anak lebih merasa nyaman dan ibunya pun merasa senang karena anaknya mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat bagi kesehatan

 

E. Keberlanjutan

  1. Apa saja pembelajaran yang dapat dipetik?
    1. Puskesmas harus bisa menjadi tempat aman dan nyaman bagi pengguna layanan publik, tidak hanya pada orang yang sakit tetapi juga pada orang yang sehat termasuk bayi dan anak-anak.
    2. Pasien anak tidak takut untuk berkunjung ke puskesmas.

 

  1. Apakah inovasi pelayanan publik ini berkelanjutan dan direplikasi?
  1. Iya, inovasi ini dapat dilaksanakan berkelanjutan dengan harapan kegiatan dan permainan di WARNA CERIA bisa lebih bervariasi, seperti panggung  boneka dan memberdayakan bunda PAUD yang ada di wilayah Tarik untuk memberikan edukasi seperti yang dilaksanakan di Taman Posyandu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

JADWAL JAGA POJOK RAMAH ANAK

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN SEPTEMBER 2016

 

No.

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Senin

5 – 9 - 2016

IMRODHI

Kebersihan diri

 

2

Kamis

8 – 9 - 2016

F Herlambang

Gizi seimbang

 

3

Kamis

15 -9 - 2016

Juanik

Kesehatan Gigi

 

4

Senin

19 -9 -2016

Sisca Wahyu

Imunisasi

 

5

Kamis

22 – 9 -2016

A. Fausi

Penyakit DBD

 

6

Senin

26 – 9 - 2016

Istu Wilujeng

Cuci tangan

 

7

Kamis

29 – 9 - 2016

Agus Siswanto

Penyakit Ispa

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN OKTOBER 2016

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Senin

3 – 10 - 2016

Susilowati

Kebersihan Rambut

 

2

Kamis

6 – 10 - 2016

Farikha R

Garam Iodium

 

3

Senin

10 -10 - 2016

Drg. Vita Orientasari

Penyakit Gigi

 

4

Kamis

13 -10 -2016

Kuryati

Imunisasi DPT

 

5

Senin

24 –10 -2016

Sri Winarni

Penyakit DBD

 

6

Kamis

27 – 10 - 2016

Perdana Andika

Cacingan

 

7

Senin

31 – 10 - 2016

Yuli Puji U

Perawatan Kuku

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN NOVEMBER 2016

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Kamis

3 –11 - 2016

IMRODHI

Makanan Sehat

 

2

Senin

7 – 11- 2016

F Herlambang

Vitamin A

 

3

Kamis

10 -11 - 2016

Khoiriyah

Cara Menggosok Gigi

 

4

Senin

14 -11-2016

Siti Maisaroh

Penyakit campak

 

5

Kamis

17 –11 -2016

Yesi Y

Cara minum obat

 

6

Senin

21 –11 - 2016

Istu Wilujeng

Kebersihan Lingkungan

 

7

Kamis

24 – 11 - 2016

dr. Inensa

Penyakit Kulit

 

8

Senin

28 – 11- 2016

Misman S

Pengenalan Puskesmas

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN DESEMBER 2016

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Kamis

1 - 12 - 2016

dr. Hinu

Penyakit mata

 

2

Senin

5 – 12 - 2016

Farikha R

Kegemukan

 

3

Kamis

8 -12 - 2016

Titin R

Diare

 

4

Kamis

15 -12 -2016

Anita Trip

Imunisasi BCG

 

5

Senin

19 –12 -2016

Putri P

PHBS

 

6

Kamis

22 – 12- 2016

dr. Maya

Penyakit Perut

 

7

Senin

26 –12 - 2016

Sri astutik

Cara membersihkan telinga dan hidung

 

8

Kamis

29 – 12 2016

dr. Asnawati

Penyakit Typhoid

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN JANUARI 2017

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Kamis

5 – 1 – 2017

IMRODHI

Kebersihan diri

 

2

Senin

9 – 1 – 2017

F Herlambang

Gizi seimbang

 

3

Kamis

12 – 1 – 2017

Susilowati

Kebersihan Rambut

 

4

Senin

16 – 1 – 2017

Farikha R

Garam Iodium

 

5

Kamis

19 – 1 – 2017

Drg. Vita Orientasari

Makanan Sehat untuk Gigi dan Mulut

 

6

Senin

23 – 1 – 2017

Kuryati

Imunisasi DPT

 

7

Kamis

26 – 1 – 2017

Sri Winarni

Penyakit DBD

 

9

Senin

30 – 1 – 2017

Perdana Andika

Cacingan

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN FEBRUARI 2017

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Kamis

2 – 2 – 2017

Siti Maisaroh

Penyakit campak

 

2

Senin

6 – 2 – 2017

Yesi Y

Cara minum obat

 

3

Kamis

9 – 2 – 2017

Istu Wilujeng

Kebersihan Lingkungan

 

4

Senin

13 – 2 – 2017

dr. Inensa

Penyakit Kulit

 

5

Kamis

16 – 2 – 2017

Misman S

Pengenalan Puskesmas

 

6

Senin

20 – 2 – 2017

Imrodhi

Makanan Sehat

 

7

Kamis

23 – 2 - 2017

F Herlambang

Vitamin A

 

8

Senin

27 – 2 - 2017

Khoiriyah

Penyakit  Gigi

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN MARET 2017

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Kamis

2 – 3 – 2017

Sisca Wahyu

Imunisasi

 

2

Senin

6 – 3 – 2017

A Fausi

Penyakit DBD

 

3

Kamis

9 – 3 – 2017

Istu Wilujeng

Cuci tangan

 

4

Senin

13 – 3 – 2017

Agus Siswanto

Penyakit Ispa

 

5

Kamis

16 – 3 – 2017

Yuli Puji U

Perawatan Kuku

 

6

Senin

20 – 3 – 2017

Susilowati

Kebersihan Rambut

 

7

Kamis

23 – 3 - 2017

Sariah

Cara batuk yang benar

 

8

Senin

27 – 3 - 2017

Lindra G

Macam-macam vitamin

 

9

Kamis

30 – 3 - 2017

Yuning sutatik

PSN

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CERIA

PUSKESMAS TARIK

BULAN APRIL 2017

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Senin

3 – 4 - 2017

Putri P

PHBS

 

2

Kamis

6 – 4 – 2017

dr. Maya

Penyakit Perut

 

3

Senin

10 – 4 – 2017

Sri astutik

Cara membersihkan telinga dan hidung

 

4

Kamis

13 – 4 – 2017

dr. Asnawati

Penyakit Typhoid

 

5

Senin

17 – 4 – 2017

dr. Hinu

Penyakit mata

 

6

Kamis

20 – 4 – 2017

Farikha R

Kegemukan

 

7

Kamis

27 – 4 - 2017

Titin R

Diare

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JADWAL NOBAR di WARNA CINTA

PUSKESMAS TARIK

BULAN SEPTEMBER 2016

 

NO

HARI

TANGGAL

PETUGAS

MATERI

KETERANGAN

1

Senin

5 – 9 - 2016

IMRODHI

Kebersihan diri

 

2

Kamis

8 – 9 - 2016

F Herlambang

Gizi seimbang

 

3

Kamis

15 -9 - 2016

Juanik

Kesehatan Gigi

 

4

Senin

19 -9 -2016

Sisca Wahyu

Imunisasi

 

5

Kamis

22 – 9 -2016

A Fausi

Penyakit DBD

 

6

Senin

26 – 9 - 2016

Istu Wilujeng

Cuci tangan

 

7

Kamis

29 – 9 - 2016

Agus Siswanto

Penyakit Ispa

 

 

 

Kepala Puskesmas Tarik

 

 

dr. Hinu Tri Sulistijorini, Ririn

NIP.19681219 200003 2 005